05 Juli, 2009

Pembuat Lambang Daerah Kota Palopo;Ahmad Yakdir

Terinspirasi dari Kata "Pallopo"

Lambang daerah, tentunya memiliki usia yang sama dengan daerahnya. Hal serupa juga berlaku di Palopo, tepat Kamis 02 Juli lalu, lambang daerah kota Palopo genap berusia tujuh tahun. Siapa pembuat lambang ini?

EKA NUGRAHA
Palopo

Pembuat lambang daerah kota palopo itu bernama, Ahmad Yakdir. Sekarang dia mengabdi di kantor balaikota Palopo dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jabatannya sekarang adalah staf bagian umum Pemkot Palopo. Tidak sulit untuk bertemu dengannya. Cukup sebut namanya di ruang bagian Umum, dan pegawai pun akan mengantarkan Anda ke meja kerjanya.

Saat saya bertandang ke ruangannya, Senin 29 juni, pria ini tampak sibuk dengan menyelesaikan pekerjaannya. Namun, dengan ramah dia mempersilahkan saya duduk di samping kursinya.

Yakdir mengatakan, awalnya dia membuat lambang itu dari minat untuk mengikuti sayembara logo saat kota Palopo baru saja terbentuk. Saat itu, Yakdir belum berstatus sebagai PNS di Pemkot Palopo. Dari ratusan desain lambang yang mendaftar, desain milik Yakdir akhirnya terpilih kedalam tiga besar desain lambang yang terbaik. Ironisnya, dewan juri saat itu tidak bisa menetapkan desain lambang terbaik dari ketiga desain lambang itu.

"Dewan juri saat itu saling ngotot kalau desain-desain itu semua cocok untuk menjadi lambang daerah Palopo. Padahal yang akan menjadi lambang kan hanya ada satu," kata Yakdir.

Kondisi seperti itu akhirnya membuat dewan juri untuk meminta petunjuk dari walikota Palopo, HPA Tenriadjeng. Hasilnya, Tenriadjeng erekomendasikan kepada Yakdir untuk membuat lambang daerah baru. Syaratnya, harus memadukan tiga lambang itu.

"Saya juga tidak tahu kenapa beliau (Tenriadjeng) merekomendasikan kepada saya?" tanya Yakdir.

Yakdir menambahkan, memang pada dasarnya dia yang mendesain ulang lambang daerah itu. Namun, secara khusus, ide gambar itu sebenarnya perpaduan dari tiga desain yang berhasil lolos sebagai desain terbaik saat itu. Sayangnya, Yakdir lupa siapa dua orang pebuat desain logo lainnya.

Lebih jauh, Yakdir mengatakan, sebelum membuat desain lambang tersebut, dia harus mencari referensi pustaka. Yakdir mengaku menyisihkan waktu selama sebulan penuh untuk mencari referensi itu. Hasilnya, sebanyak 11 referensi berhasil terkumpulkan. Salah satu diantaranya adalah buku berjudul "sejarah budaya Luwu".

Dari referensi itu, Yakdir kemudian mengambil logo Masjid Jami' --masjid ini merupakan masjid tertua di Palopo--. Berdasarkan dari salah satu versi dari referensi itu menyebutkan kalau kota Palopo berasal dari kata "Pallopo" yang artinya "menancapkan". Kata ini diperkirakan muncul saat pemancangan pertama tiang masjid. Pemancangan tersebut diperkirakan terjadi apda tahun 1604 M.

"Itu salah satu versi yang menyebutkan asal-usul kota Palopo. Masih banyak versi lainnya, tapi saya lebih memilih versi itu," kata Yakdir.(**)

6 komentar:

PEMBURU DOLLAR mengatakan...

Sapa bilang......

Unknown mengatakan...

Puruukk..pembuat lambang kota palopo adalah galery maddika bua

Unknown mengatakan...

Pak.yakdir sangat tidak logis ketika sejarah mesjid jami yg sy yakin bapak saja blom lahir bapak bisa ingat... Sedangkan pemenang sayembara logo kota palopo bpk tdk ingat... Atau saya harus kasi ingat kembali smuanya. Sedikit sja yg coba sy ingatkan.. "Bapak hanya terima dana 3juta dari total hadiah sayembara yaitu 15juta... Berarti kemana 12juta... 12juta itu diserahkan ke pemenang sayembara yg sebenarnya yg tdk lain adalah galery maddika bua.. Dapat salam dari pimipinan kami "PAK GUNTUR IDRUS dkk" sebaiknya blog ini diklarifikasi segera seblom kami menuntutut bpk. Yakdir... SALAM DARI SENIMAN BUA

Unknown mengatakan...

hi......saudara yakdir smoga kbr anda baik aja,n smoga juga anda blum lupa dgn saya,jujur saya katakan bahwa saya cukup senang dgn upaya anda tuk mengangkat pigur kota palopo,termasuk salah satu piranti kota palopo,hehehehehe........cuman saya agak heran.....bahwa apakah benner2 ini adalah anda.....atau kalo memang ini benner anda....saya doakan.....smoga anda cepat sembuh .......hehehhehe......saudara yakdir pemenang dari sayembara ini adalah 3 org,n kalo tdk salah ada 10 finalis......3 org ini sudah termasuk dlm kriteria cakupan dimensi kota palopo yg allhamdulillah tlh di sepakati n finalis itu juga sudah mendekati dari dimensi kota palopo yg di harapkan...hahahahahaha.....jadi lambang kota palopo jelas tercipta atas rahmat tuhan yang maha esa berdasarkan sinergisitas n kerjasama antar semua golongan....hahahahaha......saya berikan anda sedikit masukan,smoga dpt membuka pikiran n hati anda bahwa terpilihx 3 org itu adalah bentuk ungkapan kita selaku org luwu,yg selalu bekerjasama,bersatu menuju kepada kemakmuran,kesejateraan dll,hahahaha.....jadi tdk mungkin lambang kota palopo di ciptakan n di buat aleh satu orang....apalagi yg memiliki jiwa yg n pikiran yg sgt sempit n sakit......maaf yah saudaraku.....mari kita berupaya tuk mengisi n berbuat agar kota palopo menuju kepada harapan kita semua....amin....bukan tuk mendapatkan pengakuan secara sepihak.....mari kita sama2 memahami apa makna2 dari gambar2 yg ada .....agar kita semua dapat mengaplikasikan sesuai harapan kota palopo n jalan yg di ridhoi allah.......komentar saya di sini tdk panjang.....disaini juga saya mengucapkan mohon maaf yg sedalam dalamx jika kurang berkenan.....disini saya hanya berharap agar kita semua warga palopo...tetap bersatu,bersama n bersinergi dalam mengisi n membangun kota palopo yg kita cintai.....oh iya saya lupa mengungkapkan bahwa kalo anda kebetulan menjadi drafter dari design itu mungkin saja yah.....itu sudah di luar koridor dewan juri kali yah....cuman kami selaku dewan juri telah bersepakat dgn dimensi yg ada....dengan ucapan wabillahi topik wallhidayah saya tutup segelintir opini saya.....amin

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

PERNYATAAN YANG TIDAK SESUAI , PLINPLAN....HARUSNYA PUNYA MALU !!!
Apa artinya sayembara jika sebuah nama sudah di siapkan.
Apa artinya sebuah ide/hasil karya jika yang meRedesign yang jadi "pemenang".
Saya masih ingat dengan jelas sket konsep dan goresan pensil dari ide" dengan 2 orang sahabat untuk logo ini 15 tahun yang lalu ( Galery maddika bua / Guntur idrus, Rahman firman, Irfan djamuddin )