09 November, 2008

Bersaing Memberi Layanan pada Jemaah

Bersaing Memberi Layanan pada Jemaah

Musim haji memang membawa berkah bagi banyak orang di Asrama Haji Sudiang. Di pusat pemondokan embarkasi Hasanuddin itu, beragam aktivitas yang berbau keuntungan digelar, mulai dari penukaran uang asing di counter money changer, kantin, cafe hingga kedai operator selular.


laporan:
Eka Nugraha
Makassar


ASRAMA Haji Sudiang memang selalu dijadikan orang untuk mengais rezeki. Terutama money changer yang menjadi tempat penukaran uang asing. Setiap hari, calon jemaah dan keluarganya memanfaatkan jasa money changer untuk keperluan di luar negeri. Tidak hanya money changer, kedai selular juga ikut mendulang rupian di asrama yang memiliki 15 wisma ini.
Saat ini, setidaknya sudah dua operator selular yang telah mendirikan pos counter di asrama haji. Merah, itulah warna dominan untuk Telkomsel dan kuning untuk counter Indosat. Kedua counter ini terletak berdampingan. Posisinya tepat berada di depan masjid di kompleks asrama.
Dua raksasa seluler itu bersaing memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah. Telkomsel misalnya, counter yang di jaga oleh Adhit dan Zulham ini memberikan fasilias untuk mengisi voucher. Mulai dari voucher terendah hingga voucher tertinggi tersedia di counternya. selain itu, counter yang di jaga oleh dua lelaki berpostur tegap ini juga memberikan fasilitas kepada jemaah haji untuk aktivasi fungsi luar negeri, sehingga jemaah haji akan mudah menggunakan ponselnya di Mekkah.
Adhit mengaku tahun lalu, dalam waktu 12 jam saja pernah mendapat untung dari penjualan vouchernya hingga Rp22 juta. Pada hari pertama, Adhit dan Zulham baru meraup untung sebanyak Rp 6 juta. "Paling heboh kalau jemaah asal Sulawesi Barat, Tahun lalu saya pernah meraup untung hingga Rp22 juta dalam waktu 12 Jam," kenang Adhit saat ditemui di counternya, Rabu 5 November.
Lain halnya dengan counter Indosat, untuk menarik minat jemaahnya, counter yang di jaga oleh Kurniati dan Meina ini memberikann kartu perdana IM3 gratis kepada jemaah. Sebanyak 6.500 kartu perdana disiapkan untuk diberikan secara cuma-cuma kepada jemaah.
Untuk hari pertama, counter tersebut telah membagikan 350 kartu perdana kepada jemaah. Selain itu, counter dengan warna dominan kuning ini juga memberikan fasilitas pengisian voucher untuk jemaah. "Kami memberikan fasilitas pengisian voucher, dari yang terendah hingga yang tertinggi," ungkap Meina.(ekanugraha_fajar@yahoo.com)

Tidak ada komentar: