22 November, 2008

Nadi Hidup di Asrama Haji Sudiang

Sebelum berangkat menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah, relaksasi sangat dibutuhkan jemaah. Stres dan segala beban pikiran dapat terobati dengan mengunjungi sebuah kantin, yang letaknya letaknya tepat di lantai dasar gedung informasi.

Laporan : Eka Nugraha
Sudiang

Kantin Informasi. Itulah nama kantin yang di kelola oleh Persatuan Dharma wanita Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Selatan. Kantin ini terletak tepat di lantai dasar gedung informasi, beberapa meja dengan taplak berwarna putih tertata rapi di kantin ini. Beberapa pilar penyangga gedung informasi menambah megahnya kantin ini.
Kantin yang dijaga oleh Husna dan Mariana ini setiap harinya buka dari pukul 07.00 sampai pukul 22.00 Wita. Lantunan musik religi dan sebuah televisi layar lebar semakin menambah kenyamanan dalam kantin. Udara segar dapat masuk tanpa hambatan pada setiap sisi kantin tanpa dinding itu.
Saat itu, cuaca mendung. Udara dingin menambah nikmatnya kopi susu yang saya pesan. Di dampingi secangkir kopi susu, Husna bercerita tentang kantin tersebut.
Menurut Husna, kantin itu telah lama berdiri. Namun, baru tahun ini di renovasi. Sebelumnya, kantin ini hanya menggunakan tenda darurat. Namun, pelayanan kepada pengunjung tetap prima.
Kebanyakan pelanggan yang datang adalah petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Sedangkan jemaah datang pada waktu tertentu, biasanya pada waktu usai melaksanakan salat lima waktu.
"Biasanya usai melaksanakan salat, sebelum ke wisma, mereka sering mampir ke sini, untuk minum kopi atau hanya sekadar menonton TV," ujar Husna.
Selama penerimaan Jemaah Calon Haji (JCH) gelombang pertama tahun ini, menurutnya JCH asal Maluku lah yang paling sering datang ke kantin itu. "Mereka (JCH asal Maluku-red) senang dengan ruangan yang terbuka, karena mereka merasa lapang dan bebas disini," kata Husna. (*)

Tidak ada komentar: